RAM (Random Acces Memory)

Bookmark and Share
Pengertian RAM
Ram adalah memori eksternal sebagai ruang untuk menyimpan program dan data yang dapat di tulis atau di baca oleh prossesor. Penyimpanan ini bersifat sementara selama ada aliran listrik dan bila aliran listrik padam, terputus atau computer di matikan data yang tersimpan akan hilang. Keberadaan RAM didalam computer merupakan suatu keharusan agar suatu unit computer dapat bekerja.
Merk RAM yang sudah beredar di pasaran saat ini sudah lumayan banyak, antara lain adalah Visipro, Micron, Apacher, Kingstone, Corrsair, dan Elixer.

Tempat Dan Macam – Macam Jenis RAM
1. SlotRAM Untuk Komputer XT. RAM pada Komputer XT masih berbentuk soket IC. Hal ini karena RAM yang digunakan adalah jenis DRAM (Dynamic IC Random Acces Memory), Slot tersebut dinamakan dengan DIP ( Duel In Line Package ). saluran ini mampu menampung memori sebesar 128 KB sampai 640 KB.

2. SlotSIMM (Single in Line Memory Modul ) adalah saluran tempat RAM yang sudah menggunakan memori dalam satu wadah. Model SIMMRAM dapat dibedakan menjadi 2 jenis sebagai berikut
SIMM 30 Pin. Slot nya mempunyai 30 saluran transfer data dan dapat menampung memori sebesar 256 KB sampai 4 MB. SIMM 30 pin dapat di bagi menjadi 2, yakni Parity ( mempunyai IC memori ganjil ) dan non parity ( yang mempunyai IC memori genap )
SIMM 72 pin. Slotnya mempunyai 72 saluran transfer data dan dapat menampung memori sebesar 1 MB sampai 32 MB. Kita juga dapat membedakan SIMM 72 pin tersebut menjadi 2 bagian yakni EDO ( Extended Data Out ) dan non EDO ( non extended data out )

3. SlotDIMM ( Dual In Line Memori Module ). DIMM merupakan teknologi RAM yang terbaru. RAM ini terdiri dari berbagai jenis sebagai berikut
SDRAM ( Syncbronous Dinamic RAM ). Slot DIMM untuk SD RAM memiliki 168 pin saluran transfer data dan memiliki cirri-ciri adanya 2 cela di kakinya. Slot DIMM untuk SDRAM ini mampu menampung memori antara 16 MB sampai 512 MB, tergantung dari kemampuan motherdboard dan slot yang disediakan, saat ini ukuran SDRAM yang ada adalah 16 MB, 32 MB, 128 MB, 256 MB, dan 512 MB, DIMM SDRAM ini juga dapat kita bedakan berdasarkan BUS-nya (FSB) yakni 66 MHz, 100 MHz dan 133 MHz.
Contoh Gambar SD-RAM



SDRAM ini dapat dipasang di computer dengan ukuran yang berbeda tetapi harus diusahakan dengan kecepatan ( BUS / FSB ) nya yang sama. Performansinya akan lebih baik lagi jika SDRAM tersebut berasal dari Vendor yang sama

DDR-SDRAM (Double data Rate SD-RAM). DDR-SDRAM ini mempunyai kecepatan hamper 2 kali lipanya dari SD ram dan mempunyai 182 pin. Memori jenis DDR-SDRAM ini dapat mentrasfer data pada saat naik atau turun. Untuk membedakan DDr-SDRAM dengan SD- RAM secara Fisik dapat kalian lihat pada celah kaki memorinya, SD-RAM mempunyai 2 celah Kaki nya sedangkan DDR-SDRAM mempunyai 1 celah kaki nya. Ukuran kapasitas memori DDR-SDRAM saat ini adalah 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB banhkan ada udah mencapai kapasitasnya 2 GB. Ada beberapa tipe DDR- SDRAM yaitu, DDR-SDRAM PC 2700 (333), DDR-SDRAM PC 3200 (400) dan DDR-SDRAM PC 3700

contoh gambar DDR SDRAM



Salah satu perkembangan terbaru memori DDR-SDRAM yang mulai dikenalkan saat ini adalah teknologi “dual chanel”. Teknologi ini sebenarnya dapat dikatakan sudah lama karena sudah diterapkan pada memori jenis RDRAM.
Cara pemasangan modul deal chanel pada DDR-SDRAM sama cara nya dengan pemasangan memori yang biasa, hanya saja pada pemasanganya dibutuhkan 2 (dua) keeping memori dengan kecepatan dan kapasitas yang sama agar motherboard dapat mengeluarkan teknologi ini. Cara kerjanyaharus pada mode sinkron “ Synhronous mode “, yang artinya FSB dari prossesor dengan clock memori seharusnya diset pada nilai yang sama. Memori DDR hanya bias bekerja sebagai DDR dual chanel jika menggunakan dua modul DIMM pada dual slot yang berbeda secara bersamaan. Untuk menghindari terjadinya masalah, disarankan modul memori yang dipasang mengunakan cip yang berasal dari pabrikan yang sama dengan ukuran yang sama pula.

RD-RAM (Rambus Dynamic RAM). Tidak seperti memori SD-RAM dan DDR-SDRAM, pemasangan memori RD-RAM memerlukan ketelitian supaya system bias menjalankan system dual chanel yang menjadi keunggulan memori rambus ini. Ketelitian yang di maksut adalah memori RD-RAM harus terisi semua. Pada slor rambus ada keharusan untuk memasang dua pasang memori terminator CRIMMAContinuity RIMMS “ pada slot DIMM dengan tepat. Pada pemasangannya, RD-RAM harus sepasang. Misalnya jika kita mengginginkan memori 256 MB ada dua cara yang bias kita lakukan yaitu memasang RD-RAM 2x128 MB atau memasang RD-RAM 256 MB + CRIMMA sebagai memori bayangan. Pemasangan ini harus tepat supaya teknologi dual chanel dapat diterapkan pada system. Untuk pemasangan memori terminator pertama dan kedua, letaknya pada DIMM ketiga dan ke empat.
Ukuran RD-RAM yang saat ini tersedia dipasaran adalah 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB. Sementara itu ada tiga tipe RD-RAM untuk saat ini adalah 800, 1024, 1066

Contoh Gambar RD RAM


ARTIKEL TERKAIT:

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

_____ Komentar Yang Berbau Spam Akan Saya Hapus _____