Cara Menghitung Bandwith Memori.

Bookmark and Share
Pengertian Bandwith yaitu sebuah memori yang dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.




Bandwith=kecepatan BUS x Frekuensi BUS

Kecepatan BUS memori DDR-SDRAM adalah 64 bit dan RD-RAM adalah 16 bit. Karena dihitung dalam MB/s, Kecepatan BUS harus dibagi 8 untuk mngonversi bit ke byte. Misalnya, memori DDR 266 memiliki bandwith (64/8) byte x 266 = 2,128 MB/s atau sering dibulatkan menjadi 2.100 MB/s. oleh karena itu, DDR 266 sering disebut PC 2100.
Sementara itu untuk menghitung bandwith memori rambus , kita ambil contoh PC 800 RD RAM. Rumusnya sama yaitu.
Bandwith = kecepatan BUS x Frekuensi BUS. Perlu diingat bahwa kecepatan BUS rambus adalah 16 bit, jadi bandwith PC 800 adalah (16/8) x 800 MHz= 1.600 MB/s. namun karena memori RD-RAM ini menerapkan teknologi dual chanel, data dari dual modul rambus dapat di terima secra simulate. Hasilnya bandwith efektif dari PC 800 RD-RAM menjadi dua kali lipat yaitu 3.200 MB/s.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk modul ram sebagai berikut.
Case Latency. Case latency merupakan wktu keterlambatan proses permintaan data didalam RAM. Case Latency ini terbagi menjadi CL 3; CL 2,5; dan CL 2. semakin kecil angka nya berarti akan semakin cepat system kerja RAM nya itu.

ECC (Error Corection Code ). ECC ada pemeriksaan kesalahan dalam suatu modul RAM. Biasanya, ECC ini digunakan dalam suatu unit jaringan dan system server

ARTIKEL TERKAIT:

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

_____ Komentar Yang Berbau Spam Akan Saya Hapus _____