Cache Memori

Bookmark and Share
Yang di maksud Cache Memori adalah Tempat data atau informasi sementara yang sering digunakan atau diakses oleh computer. Ada dua macam chace memori adalah level 1 dan level 2 yang biasanya diistilahkan dengan cache L1 dan cache L2. Prossesor – Prossesor seri x386 dan sebelumnya tidak menggunakan cache L1. setelah generasi itu umumnya Prossesor sudah menggunakan cache memori yang terus berkembang dengan ukuran 8 KB, 64 KB, 128 KB, untuk ukuran L2, prossesor generasi sekarang pada umumnya menggunakan memori yang ukuran nya lebih besar dari L1 yakni 64 KB, 128 KB, 256 KB dan 512 KB. Semua itu tergantung pada jenis dan tipe prossesor nya. Bahkan ada juga yang mencapai kapasitas memori yang lebih besar lagi yakni mencapai ukuran hingga 1 MB dan 2 MB, Yaitu yang dimiliki oleh prossesor untuk server seperti Intel Itanium dan xeon.

Pada awalnya teknologi cache L2 ini ada yang di benamkan pada Motherboard atau bagian luar dar core prossesornya. Namun cache-cache pada prossesor terbaru pada umumnya sudah dibenamkan langsung pada inti prossesor- nya atau sering disebut core sehingga jarak pengaksesan dari prossesor ke cache semakin pendek yang artinya waktu pengaksesan pun akan semakin singkat.

Didalam cache sendiri terdapat dua jenis lokalitas, yakni “ lokalitas temporan dan localitas spasial”. Cache dengan lokalitas temporal dirancang untuk menggunakan data atau instruksi yang sama dan berulang-ulang, sementara itu localitas spasial dirancang untuk mengantisipasi program-program yang membutuhkan pengaksesan secara sekuensial atau berurutan.

Pada cache L1 dan L2, prossesor yang menjalankan perintah eksekusi akan mencari dan mengumpulkan sejumlah informasi. Informasi ini pertama di cari di cache L1. Secara teknis prosses ini disebut dengan bit.
Apabila informasi itu tersedia di cache L1, prosses berlangsung lancar tanpa adanya jeda waktu. Jika informasi yang dibutuhkan prossesor tidak tersedia prossesor sendiri akan segera mencarinya di cache L2. pencarian informasi di L2 ini biasanya lebih memakan waktu dibandingkan dengan pencarian pencarian informasi di L1. yang di maksud dengan cache L1 adalah cache yang paling dekat dengan iti prossesor dan ukuranya lebih kecil dari cache L2. didalam inti prossesor prossesor sendiri terdapat suatu cache controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas pengaksesan data / instruksi.
Cache L2 di bagi ata dua komponen utama sebagai berikut:
Data Store, yaitu ruang yang digunakan untuk menjaga aktualitas informasi dan data
Tag RAM, yaitu suatu area kecil yang terdapat di dalam memori yang di gunakan oleh cache untuk menjaga dan mengaturletak data dalam cache. Ukuran Tag RAM menentukan seberapa banyak memori utama bias disimpan dalam cache.

Pada PC modern, pengaturan cache memori L2 adalah chipset yang merupakan bagian north bridge

ARTIKEL TERKAIT:

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

_____ Komentar Yang Berbau Spam Akan Saya Hapus _____