Masalah Yang Sering Terjadi Pada Komputer

Bookmark and Share
Biasanya para pengguna computer sering sekali terdapat berbagai masalah yang di temui para pengguna computer. Masalah tersebut biasanya berkisar antara masalah software dan hardware. Dalam bagian ini,saya akan menerangkan beberapa contoh masalah yang biasanya terjadi pada computer baik masalah hardware dan software, tapi di sini saya akan menjelaskan masalah yang sering terjadi pada Hardware saja. Sebagai berikut:

A. Memeriksa Kabel
Kabel adalah sarana untuk menyalurkan arus listrik keberbagai perangkat computer. Apabila computer mengalami sebuah gangguan seperti monitor menampilkan “keyboard Error or no Keyboard present”, printer tidak bias mencetak hasil kerja atau yang lainnya, kemungkinan di sebabkan oleh kabel yang longgar atau belum tepat memasangnya, coba di periksa dulu kabelnya trus di pasang lagi dengan tepat agar muncul perintah kabel sudah terpasang, atau tekan ulang seluruh kabel yang ada di belakang CPU, pastikan kabel sudah terpasang dengan tepat. Hal ini memang kedengaranya mendasar tapi kedengarnya banyak sekali terdapat computer dan printer yang di duga rusak, sebenarnya itu sendiri karma di sebabkan kabel yang longgar atau belum terpasang dengan benar.

B. Bahaya Panas Terhadap Komputer
Panas adalah musuh utama computer. Ketika computer mengalami kepanasan yang berlebihan biasanya computer menimbulkan tanda-tanda seperti tampak layer biru pada desktop atau kinerja hardisk menjadi lambat.
Bersihkan debu yang menempel di dalam CPU yang sudah menebal, karma debu-debu tersebut dapat menyebabkan computer hank, dapat menyumbat saluran ventilasi sehingga meningkatkan temperature didalam casing. Di samping itu pastikan kipas pendingin bekerja dengan baik, kipas yang buruk atau kipas yang tidak bekerja sama sekali, akan membiarkan temperature computer terus meninggi, bilaperlu di tambah aja kipasnya biar computer tidak selalu kepanasan.

C. Masalah Harddisk
Harddik adalah media yang berpungsi untuk menyimpan data computer. Apa bila kinerja harddisk menjadi lamban, terdapat bad sector atau kehilngan file maupun data menandakan itu harddisk bermasalah.
Buanklah data atau file yang tidak di butuhkan. Karma semakin banyak file dapat memenuhi ruangan harddisk, bias memberatkan kinerja harddisk, lakukanlah deprac dan scan disk ketika anda menhapus atau menambah file, harddisk akan terfrakmentasi, jika hal demikian di biarkan maka hal-hal buruk bias terjadi di system, seperti harddisk menjadi lamban, disamping itu shutdownlah komputter dengan benar, mematikan computer dengan sembarangan atau di tekan tobol on/off d CPU dapat menghilangkan file atau data, Power supply rusk, menyebabkan harddisk rusak atau menyebabkan bad sector.

D. Masalah Floppy Disk Drive
Floppy merupakan satu-satunya perangkat yang sering keluar masuk disket, apabila floppy disk drive mengalami gangguan seperti tidak membaca seperti sebelumnya, kemungkinan head drive kotor.drive sangat peka dengan elemen debu, asap, minyak, dan palutan rumah tangga. Bersihkan disk drive dengan disk cliener, masukan disket kedalan floppy disk drive anda, bukalah program Ms-DOS, hingga muncul C promp “C:\>”, ketikan “dir A” agar drive membaca diskrt, tekanlah enter. Anda akan mendapatkan pesan “Abort, Retry, Fail”. Tekanlah “R” beberapa kali, biasanya kalau sudah menekan 2 kali saja head drivenya sudah bersih, kemungkinan lainya penjajaran drive yang rusak. Penjajaran yang baik maksutnya adalah: head Floppy disk drive secara pisik sejajar dengan track yang terdapat pada disket. Cobalah pinjam disket teman yang di format oleh drive dan menyimpan file miliknya. MS-DOS hingga muncul C prompt :C:\>”, ketikan dir A” tekanlah enter. Apabila disk drive menampilkan isi disket berarti penjajaran floppy baik. Sebaliknya apabila floppy disk drivetidak menampilkan isi disket berarti penjajaran isi disk drive rusak.

E. Sumber masal Printer
Printer merupakan alat cetakhasil kerja computer apabila computer tudak dapat mencetak hasil kerja kemungkinan terdapat masalah pada kabel printer atau terdapat masalah pada printer itu sendiri.
Berikut penjelasan sumber masalah pada printer.
a. Ujilah kabel printer
- Lepaskan Kbel lama
- Pasangkan kabel yang baru
- Ujilah printer
- Jika printer bekerja berarti kabelnya yang rusak
- Jika printer tidak bekerja berarti kerusakan buka terdapat pada kabel

b. Ujilah printer- lepaskan printer dari computer
- sambungkan printer kekomputer lain
- ujilah printer
- jika bekerja berarti kerusakan bukan pada printer
- jika printer tidak bekerja berarti printer yang rusak

F. Masalah Monitor
Ada berbagai masalah yang sering terdapat pada monitor salah satunya monitor menampilkan gambar yang buruk. Ini disebabkan oleh medan magnet yang menyimpang didalam layer monitor, matikan motitor trus tunggu beberapa menit maka hidupkan lagi, jika masih belum ada perubahannya coba anda bawak saja monitor nya ke teknisi, perbaikan yang dilakukan teknisi merupakan perbaikan yang tepat untuk monitor, perlu anda ketahi panas yang berlebihan atau monitor monitor yang sering dipindah-pindahkan dapat menyebabkan letak fuse bergeser dari dudukannya. Gunakan computer dengan tepat dan janganlah sering-sering memindahkn computer dari tempatnya.

G. Proses Baca CD-ROM
CD-ROM adalah alat yang berfungsi mengolah CD atau VCD Pada computer. Tidak semua CD-ROM dapat membaca setiap CD. Ada kalanya CD tidak dapat membaca, bahkan bila dipaksakan bias terlalu lam, Keluarkan CD dari CD-ROM. Carilah CD yang lerbih baik dan mudah dibaca. Disamping itu, bersihkan CD terlebih dahulu, agar tidak meninggalkan kotoran ketika dibaca oleh CD-ROM.

H. Memeriksa Memori
Memori adalah media yang berfungsi menyimpan data atau perintah pada saat sebuah aplikasi dijalankan, apabila memori mengalami gangguan biasanya monitor menampilkan pesan berupa “memori fail”, ada beberapa hal yang menjadi sebab di antaranya: posisi memori pada slot tidak tepat atau memori sudah kadaluarsa, bukalah penutup casing trus tekanlah memori satu persatu, ujilah kembali, apabila monitor masih menampilkan pesan “memori fail” kemungkinan anda harus menganti memori.
By : AA YOBI

ARTIKEL TERKAIT:

{ 2 comments... Views All / Send Comment! }

abang said...

maksi atas info na

YOBIPUNYA said...

yupz sama 2 maz

Post a Comment

_____ Komentar Yang Berbau Spam Akan Saya Hapus _____